Apa Itu Radang Panggul Bagi Wanita?

Radang panggul bagi wanita disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu bakteri, penanganan persalinan dan Biopsi endometrium.

0
684
Ilustrasi Radang Panggul Bagi Wanita
Ilustrasi: Radang Panggul Bagi Wanita

SheMagz.com – Mungkin banyak yang belum mengetahui apa itu radang panggul bagi wanita.

Radang panggul merupakan suatu gangguan organ reproduksi yang disebabkan oleh berbagai macam organisme antara lain bakteri, jamur ataupun virus. Radang panggul ini biasanya menyerang saluran genital bagian atas antara lain endometrium, tuba falopii, ovarium ataupun miometrium. Akibat dari infeksi organisme ini, maka organ genital yang terinfeksi akan mengalami peradangan dan menimbulkan rasa nyeri.
Penyebab umum

Untuk mengetahui dengan detail apa itu radang panggul bagi wanita, ada baiknya mengetahui apa saja yang menjadi penyebab umum terjangkitnya penyakit radang panggul ini. Menurut beberapa sumber yang berhasil diolah dan dirangkum, terdapat beberapa macam penyebab radang panggul, antara lain:

Bakteri

Beberapa jenis bakteri terutama bakteri yang menyebabkan serangan penyakit menular seksual atau PMS seperti klamidia, gonore, mikoplasma dan stafilokokus streptokokus merupakan salah satu penyebab utama terjangkitnya gangguan radang panggul ini. Bakteri akan masuk melalui liang vagina dan terus bergerak ke atas menuju rahim dan tuba falopii atau saluran telur dan akhirnya menginfeksi jaringan tersebut.
Alat kontrasepsi

Penggunaan IUD atau susuk KB yang tidak segera diganti ketika sudah dipakai selama lebih dari 5 tahun. Walaupun umur IUD atau susuk memang cukup lama, namun akan lebih baik apabila setiap 5 tahun, alat kontrasepsi ini dilepas dan diganti dengan yang baru karena berpotensi menimbulkan penumpukan bakteri penyebab radang panggul. Prosedur penanganan yang keliru atau kurang steril ketika menanamkan IUD juga bisa saja menjadi penyebab radang panggul.
Penanganan persalinan

Proses penanganan persalinan yang kurang steril bisa juga memicu terjadinya infeksi dan radang panggul, termasuk diantaranya penanganan keguguran atau aborsi. Bakteri yang masih tertinggal rawan menyebabkan infeksi pada serviks.
Biopsi endometrium

Proses pemeriksaan kondisi jaringan endometrium dengan biopsi dan laparoskopi juga berpotensi menimbulkan terjadinya radang panggul apabila proses pelaksanaannya kurang memperhatikan sterilitas.

Demikianlah beberapa hal yang mudah-mudahan bisa menjawab keingintahuan tentang apa itu radang panggul bagi wanita.

Semoga bermanfaat.