Tanda-Tanda Melahirkan Secara Normal

Tanda-tanda melahirkan secara normal, yaitu mengalami kontraksi, keluar darah dan pecah ketuban.

0
1010
Ilustrasi Tanda-tanda Melahirkan Secara Normal
Ilustrasi: Tanda-tanda Melahirkan Secara Normal

SheMagz.com – Setelah melewati masa-masa kehamilan yang seru dan mengesankan tiba saatnya Ibu hamil akan memasuki masa persalinan yang dinantikan oleh semua calon ibu dan juga ayah. Karena masa inilah yang akan menentukan lahirnya ke dunia seorang manusia baru yang merupakan buah hati dari pasangan suami istri.

Ada sebagian wanita yang dengan berbagai alasan lebih memilih melakukan proses melahirkan secara caesar. Namun, ada pula sebagian wanita lain yang justru lebih merasa sebagai wanita sejati ketika melahirkan secara normal. Untuk jenis wanita ini, mereka harus mengetahui dengan benar tanda-tanda melahirkan secara normal.

Tanda-tanda melahirkan secara normal memang jauh berbeda dengan melahirkan secara caesar. Ada beberapa hal yang harus dimengerti oleh seorang Ibu ketika akan melahirkan secara normal. Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah kesadaran bahwa melahirkan normal bagi seorang wanita adalah akan mengalami kesakitan yang begitu sangat. Inilah satu hal penting yang memang harus dipersiapkan dengan benar oleh seorang Ibu.

Berikut adalah beberapa tanda yang dialami oleh seorang Ibu hamil ketika akan melahirkan secara normal.

Mengalami kontraksi
Kontraksi adalah sakit perut yang dirasakan dengan pertanda perut terasa kencang dan bahkan pada kontraksi yang sudah mencapai tingkat paling tinggi, perut bisa terasa sangat keras sekali. Kontraksi ini akan dialami dari jarak yang cukup panjang, sampai pada jarak yang cukup dekat, misalnya setiap lima menit mengalami beberapa kali kontraksi.
Semakin sering kontraksi yang dirasakan, ini adalah pertanda bahwa proses melahirkan sudah semakin dekat. Karena sejatinya, kontraksi adalah usaha yang ada untuk membuka jalan lahir bagi si bayi.
Keluar darah
Keluar darah ini akan dialami setelah kontraksi sudah mencapai tingkat yang lebih tinggi. Darah akan keluar dari jalan lahir dan ini juga menunjukkan bahwa waktu kelahiran sudah semakin dekat.
Pecah ketuban
Air ketuban adalah cairan yang melindungi janin selama ia berada di dalam rahim ibu. Pecahnya ketuban juga merupakan pertanda bahwa bayi akan segera lahir. Bahkan, bagi sebagian wanita, bayi dapat segera dilahirkan setelah air ketuban pecah.
Pecahnya ketuban yang terjadi seketika sebelum bayi dilahirkan dapat membantu ibu untuk mengurangi rasa sakit yang ada. Ibaratnya ketuban adalah pelumas yang membuat bayi dapat dilahirkan dengan mudah.

Itulah beberapa tanda-tanda melahirkan secara normal yang dialami oleh sebagian Ibu hamil. Agar persalinan lancar, lakukan pemeriksaan kehamilan dengan teratur.